index TREND BUSANA MUSLIM 2011
Penggunaan kain etnik dari berbagai daerah mendominasi karya busana muslim 2011. Perkawinan dengan menggunakan busana etnik-modern masih menjadi primadona fesyen di tahun mendatang.
Kali ini, beberapa desainer Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) mengangkat keindahan kain tenun pada pergelaran tren busana muslim 2011. Beberapa kain etnik yang berhasil ditampilkan adalah kain tenun Tarutung dari Sumatra Utara, tenun ikat dari NTT, kain ATBM polos, serta songket polos dengan motif khas Palembang. Permainan motif etnik juga diangkat, seperti motif guci China, kompas, dan bola dunia.
“Saya pilih tenun NTT bukan karena kain yang lain jelek. Saya sudah lihat dari Sabang sampai Merauke, kain ini cocok dengan yang saya suka; nuansa etnik, warna tanah, tenunnya beda,“ kata Ida Royani usai pergelaran busana muslim Fashion Tendance 2011 ”Intertwine” di Hotel Mulia, Jakarta, Senin (22/11/2010).
“Saya sudah coba pakai lace sejak 25 tahun lalu, renda sejak 15 tahun lalu, dan batik sejak puluhan tahun lalu, saya sudah bosan. Sekarang lagi cari yang Indonesia. Saya sering show ke luar negeri, mereka cari rancangan yang Indonesia banget,“ ujar desainer senior itu.
Warna yang mendominasi dalam pergelaran busana muslim 2011, antara lain pink, abu-abu, cokelat, hijau, putih, cokelat, peach, dan biru di atas bahan sifon sutera, satin silk, lace, silk organdi, dan sebagainya.
“Saya angkat motif garis untuk 2011 yang saya ambil dari lurik Yogyakarta. Kebetulan, untuk busana muslim, lurik jarang ada yang mengeksplorasi. Mungkin karena materialnya yang berat. Karena itu, saya menggunakan benang tenun yang menghasilkan lurik lebih ringan,“ papar Hannie Hananto.
Sementara untuk busana pengantin muslimah, Najua Yanti memamerkan keindahan bunga mawar dan fressia dalam usungan tema “Glowing the Beauty”. Rangkaian gaun panjang berbahan satin dan tulle memiliki gradasi warna-warna lembut, seperti broken white, baby bronze, baby peach gold, dan baby olive. Garis rancang simpel menggunakan detail kerut dan aplikasi bordir serta bunga-bunga timbul, payet serta lace menambah kesan romantis pada rancangannya.

Incoming search terms:

busana muslim 2011, trend busana muslim 2011, baju muslim 2011, trend baju muslim 2011, tren busana muslim 2011, tren baju muslim 2011, busana muslim trend 2011, baju muslim trend 2011, tren busana muslim, trend fashion muslim 2011